Kamis, 07 Desember 2017

Penanggulangan Kebakaran


Manajemen Penanggulangan Kebakaran

Ancaman bahaya yang umum terjadi pada suatu bangunan adalah kebakaran. Oleh sebab itu dalam menyoroti suatu bangunan khususnya dari sisi bahaya kebakaran, maka bangunan tersebut jangan dilihat hanya suatu produk yang sudah jadi. Bangunan dari sisi kebakaran harus dilihat sebagai hasil dari suatu proses yang akan diamanfaatkan oleh orang banyak. Dengan begitu akan dapat diketahui bahwa dalam mewujudkan suatu bangunan sampai dengan difungsikan banyak sekali pihak yang terlibat serta diaplikasikannya persyaratan peraturan dan standar yang berlaku.
Risiko kebakaran yang terjadi pada suatu bangunan dapat berakibat sangat fatal, diantaranya terhentinya kegiatan usaha. Bahkan suatu perusahaan sampai menutup usahanya karena seluruh fasilitanya terbakar. Upaya penanggulangan kebakaran pada suatu bangunan tidak semudah membalik tangan, namun membutuhkan metode, proses dan konsistensi dalam aplikasinya. Masih adanya sudut pandang masyarakat yang berfikir bahwa kejadian kebakaran hanya dipandang sebagai suatu musibah yang dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. Fakta ini agaknya menjadi fenomena tersendiri dalam meningkatkan kepedulian terhadap bahaya kebakaran. Adanya pandangan demikian mengakibatkan tidak dilakukannya upaya pencegahan kebakaran dalam aktifitas sehari-hari karena beranggapan musibah itu akan tetap terjadi.
Oleh karena itu cara pandang bahwa risiko bahaya kebakaran adalah sebagai musibah harus diubah bahwa bahaya kebakaran yang terjadi adalah karena keteledoran manusia. Manusia sebagai penyebab utama timbulnya kebakaran karena keteledoran, kesengajaan, kurangnya pengetahuan, kelalaian, kesalahan dalam perancangan, kurangnya pengawasan dan lain-lain. Ada pepatah yang berbunyi kecil menjadi kawan besar menjadi lawan, itulah api. Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan bangunan dengan berbagai tipe hunian saat ini membawa konsekuensi terhadap risiko bahaya kebakaran. Namun disisi lain banyak bangunan gedung bahkan gedung pencakar langit yang belum menyadari sepenuhnya akan risiko bahaya kebakaran yang kemungkinan terjadi. Kondisi ini dapat dilihat dari kurang diaplikasikannya peraturan dan standar teknis bidang kebakaran yang berlaku saat ini. Bangunan yang baik adalah bangunan yang memenuhi semua persyaratan yang meliputi: persyaratan keandalan secara teknis, persyaratan Arsitektur bangunan berkaitan dengan estetika gedung, persyaratan fungsi penggunaan gedung yang harus dipenuhi agar bangunan dapat digunakan secara optimal, persyaratan lingkungan yang berati keberadaan bangunan harus serasi dengan lingkungan sosialnya.

Salah satu dari persyaratan keandalan teknis pada bangunan gedung adalah keandalan bangunan terhadap kemampuannya menanggulangi risiko bahaya kebakaran. Dalam hal ini tidak sebatas dipasangnya sistem proteksi kebakaran pada saat selesai dibangun saja. Untuk dapat terus menerus memenuhi semua persyaratan penanggulangan kebakaran pada bangunan, maka keandalannya bangunan tetap harus dipertahankan sepanjang bangunan tersebut masih difungsikan. Karena itu pemeriksaan, pengujian serta perawatan harus dilakukan secara berkala. Prinsip utamanya bangunan tersebut harus mampu menghadapi kemungkinan risiko bahaya kebakaran secara mandiri dan tidak hanya mengandalkan bantuan dari luar bangunan. Upaya penanggulangan kebakaran telah lama dianggap sebagai urusan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, hal ini karena ada anggapan apabila terjadi kebakaran maka tinggal menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan menunggu kedatangganya dengan segenap peralatan. Pengelola bangunan tidak dapat hanya mengandalkan respon dari Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) saja dalam menanggulangi kebakaran, hal ini karena semakin lama kebakaran di tanggapi maka kemungkinan akan mengakibatkan efek yang lebih merugikan menjadi semakin besar. Pemahaman mengenai penanggulangan kebakaran saat ini terus berkembang yaitu akan lebih efektif bila pada bangunan disediakan sistem proteksi kebakaran beserta pengelolaanya.
Sumber : http://www.lsp-pk.or.id/index.php/2016/08/02/manajemen-penanggulangan-kebakaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laboratory Safety

Keselamatan  Laboratorium  Syarat Laboratorium yang Baik Ruangan laboratorium yang memenuhi standar adalah salah satu faktor untuk mengh...